PERAN PENTING SIKN JIKN
Cyndy Aulia Riftianis

PERAN PENTING SIKN JIKN


Sistm informasi kearsipan nasional dan jaringan informasi  kearsipan nasional adalah dua hal yang dibutuhkan dalam pengelolaan data atau arsip secara elektronik. Dengan menggunakan aplikasi dan sistem jaringan  website yang terhubung dengan baik satu sama lain akan mempermudah para pengelola arsip mengolah dan memelihara asrsip sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Sistem informasi jaringan nasional selain bertujuan memudahkan dalam pengelolaan kerasipan juga membantu masyarakat luas dari seluruh Indonesia menemukan kebutuhan data atau arsip yang diinginkan secara cepat, murah, dan mudah kedepannya. Sosialisasi tentang SIKN dan JIKN perlahan mulai digalakkan di seluruh Kabupaten / Kota, terutama lembaga kearsipan daerah yang menangani berbagai hal yang berkaitan dengan kearsipan. Sistem informasi saat ini sangat menunjang jenis pekerjaan apapun, mengingat kemajuan teknologi yang sangat pesat dunia kearsipan pun seyogyanya mulai menerapkan e-archives agar pekerjaan lebih efektif dan efisien.

Aplikasi sistem informasi kearsipan nasional mudah diakses dan mudah digunakan serta lebih efektif dikarenakan didalamnya tidak hanya mengatur pengelolaan arsip dinamis namun juga termasuk item apps untuk aplikasi statis.

Sistem informasi tanpa dibarengi dengan jaringan informasi bagaikan lauk tanpa  nasinya, bisa dimakan namun tidak menyenangkan (terutama orang Indonesia). Sistem informasi bisa digunakan namun tanpa terhubung dengan sistem jaringan yang baik maka sistem informasi tersebut tidak akan bisa diimplementasikan untuk dapat memenuhi kebutuhan orang banyak, atau dengan kata lain tidak bisa diakses masyarakat.

 

Tag:      |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top